Jadwal Dan Hasil Skor Pertandingan ISL 2014 Terbaru

Posted by Unknown

Kiblat Sport - Jadwal Dan Hasil Skor Pertandingan ISL 2014 Terbaru - Inilah jadwal, hasil skor dan klasemen ISL (Indonesia Super League) 2014, paling lengkap dan update setiap saat. Bagi anda yang tidak ingin kelewatan tentang jadwal dan hasil skor terbaru pertandingan ISL Liga Indonesia, pantengin selalu update terbarunya hanya di Kiblat Sport.

Jadwal Dan Hasil Skor Pertandingan ISL 2014 Terbaru

Sejarah seluk beluk tentang kompetisi ISL. Dahulu ISL memiliki nama Liga Super Indonesia yang disingkat menjadi LSI dan dalam bahasa Inggris sering disebut dengan Indonesia Super League (ISL). ISL adalah merupakan kompetisi sepakbola antar klub profesional level paling tertinggi di Liga Indonesia pada tahun 2008 hingga 2011.

LSI (Liga Super Indonesia) diselenggarakan oleh PT Liga Indonesia yang dahulu memiliki nama BLI yang dimiliki oleh PSSI. Kompetisi LSI dikuti sebanyak 18 tim terbaik yang akan saling bertanding satu putaran penuh mengikuti kompetisi hingga 34 pertandingan, kandang dan tandang.

Format kompetisi dalam ISL adalah memakai satu wilayah dan tidak ada lagi format dua wilayah. Pemenang akan ditentukan dari jumlah poin paling banyak selama 34 pertandingan dalam satu musim. Juara dari ISL akan mewakili Indonesia di Liga Champions AFC. Runner-up akan mewakili Indonesia di Piala AFC dan Liga Champions AFC dengan play-off. Tiga tim penghuni poin terbawah klasemen akan langsung terdegradasi turun ke Divisi Utama. Sementara satu tim (peringkat ke-15) akan melakukan play-off melawan peringkat ke-4 dari tim Divisi Utama.

Sponsor utama kompetisi sepakbola LSI adalah perusahaan rokok Djarum, oleh karena itu LSI secara resmi dikenal sebagai Djarum Indonesia Super League. Pada musim 2009 - 2010 AFC pernah menobatkan Liga Super Indonesia adalah liga terbaik peringkat ke-8 se-Asia, dan liga terbaik se-Asia Tenggara. Pada tahun 2011, setelah terjadi serangkaian kisruh dan kontroversi penyelenggaraan Liga Primer Indonesia, PSSI kemudian menggantikan LSI dengan Liga Prima Indonesia (IPL). Sebagian klub LSI yang tidak setuju dengan penyelenggaraan IPL kemudian tetap menyelenggarakan Liga Super Indonesia 2011-2012.

Pada musim 2012-2013, IPL dan ISL tetap berjalan sendiri-sendiri. Namun untuk musim kedepan yakni 2013-2014, kompetisi sepakbola tertinggi Indonesia akan disatukan menjadi satu liga, yaitu ISL yang diakui oleh badan PSSI, AFC dan juga FIFA. Penyatuan liga adalah untuk menyelesaikan perseteruan penyelenggaraan liga antara ISL dan IPL.

Untuk klub peserta kompetisi ISL musim ini, yakni musim 2014 akan diambil dari 18 klub ISL dan 4 klub IPL, sehingga seluruh peserta yang akan resmi mengikuti kompetisi ISL musim 2014 menjadi 22 klub. Namun untuk mengetahui tim manakah saja yang akan berhasil masuk dan berlaga dalam kompetisi ISL ini, Anda bisa selalu update beritanya hanya di Kiblat Sport.

Jadwal, Hasil Skor Dan Klasemen ISL (Indonesia Super League) 2014


Berita Terkait:


0 comments:

Post a Comment

Topics :

Berita Terbaru

Follow Kiblat Sport

Kiblat Bola